BIG PROMO 2019


Kontak dan konsultasi :  ( Bagus ) 081335107805, 08990965006
PIN BB : 59BF5774 
WHATSAPP : 08990965006

Tips Memilih Jarum Jahit

Bicara tentang menjahit atau Belajar Menjahit & menjahit baju, tentu tidak bisa lepas dari yang namanya jarum jahit, khususnya jarum jahit mesin kecil menjahit baju. Terlihat sepele memang atau mungkin anda malah berpikir jarum jahit saja pakai di bahas segala, tinggal beli aja beres kan. Benar, anda tidak sepenuhnya salah, tapi sebenarnya ada hal-hal menarik yang bisa kita bahas seputar jarum jahit loh.


Memilih jarum jahit untuk proyek jahitan anda, merupakan hal yang sangat penting. Pemilihan jarum jahit yang salah bisa berakibat hasil jahitan yang jelek, merusak bahan hingga proyek
menjahit anda akan gagal.Berikut ini adalah hal-hal yang harus anda perhatikan seputar jarum jahit :


1. Periksa dan cocokkan dengan jenis mesin jahit anda.
Ingatlah untuk selalu memeriksa tipe mesin jahit anda untuk
belajar menjahit & menjahit baju;Mesin jahit dinamo kecil dan besar berbeda tipe jarum jahit yang digunakan, begitu juga dengan mesin obras dan neci, jarum jahitnya akan berbeda dengan jarum jahit mesin biasa. Seingatku untuk mesin jahit obras kodenya DC, mesin border menjahit baju kodenya DB, jangan sampai salah membeli.



2. Belilah jarum jahit yang bagus  (paling bagus)
Pertama aku ingin mengingatkan, meskipun harga jarum jahit untuk kegiatan
belajar menjahit baju& Jahit menjahit itu tidak seberapa mahalnya, tetapi ada juga produk palsunya lho, jadi pastikan anda membeli jarum jahit untuk menjahit baju & kursus menjahit di tempat yang dipercaya atau tempat langganan anda. Biasanya jarum jahit (isi 10) dikemas dalam bungkus kertas warna putih merah hijau, nah sebelum anda bayar, Ada dua merk jarum jahit SINGER yang sering aku pakai yaitu jarum singer isi 10 dan jarum singer isi 5. Untuk harga, merk singer 5 biji lebih mahal daripada 10 biji. Harga jarum singer 5 biji (jarum super)= Rp.15.000-17500 sedangkan harga jarum singer 10 biji Rp.5000-7500. Selisih harga yang jauh itu tentu menunjukkan kualitas/perbedaan dari kedua merk jarum jahit itu, aku biasa menggunakan jarum jahit singer 5 biji untuk menjahit bahan yang “mahal” seperi kain sutra, satin, kaos dll. Untuk bahan katun dll, jarum jahit singer 10 biji sudah cukup bagus kok, jadi tidak perlu membeli jarum yang lebih mahal.


3. Pastikan jenis jarum jahit yang digunakan sesuai dengan ketebalan bahan.
Jarum jahit juga memiliki ukuran, berikut ini adalah beberapa ukuran yang sering aku pakai :
9 & 11 : untuk bahan yang tipis,seperti sifone dan satin dll
13 & 14: untuk bahan katun dengan ketebalan medium dll
17 & 18: untuk bahan tebal seperti bahan denim,jeans dll
jarum super/isi 5 biji


jarum isi 10 biji

 











4. Jika anda telah membeli jarum untuk belajar menjahit baju& Jahit menjahit yang pas dengan tipe mesin jahit anda dan jarum jahit yang bagus kualitasnya, jangan lupa untuk memilih benang yang bagus dan cocok juga. Untuk mengetahui kualitas maupun merk-merk benang yang sering aku gunakan, klik disini.Semoga artikel ini berguna bagi anda dan kalau ada kesalahan atau informasi yang kurang tepat, mohon koreksinya ya…..Selamat menjahit







Tidak ada komentar: